Kenalan dengan Konsep Self-Service Yuk!
Ilustrasi Teknologi Self Service yang Banyak Dijumpai
sumber: HashMicro
Self-service merupakan suatu konsep pelayanan
dimana konsumen mengambil alih proses pelayanan secara keseluruhan atau
sebagian, tanpa bantuan dari karyawan. Di era digital saat ini, perkembangan
teknologi telah memungkinkan adopsi dan penerapan layanan mandiri yang lebih
luas dan efisien di seluruh industri, termasuk perhotelan, transportasi,
e-commerce, dan khususnya di industri makanan dan minuman. Teknologi seperti
layar sentuh, aplikasi seluler ini telah memudahkan konsumen dalam bertransaksi
dan memperoleh layanan dengan cepat dan tanpa hambatan.
Salah satu contoh paling umum
penerapan layanan mandiri dapat ditemukan di restoran cepat saji dan coffeeshop.
Di sini konsumen mendapatkan kemudahan dalam memesan makanan dan minuman
melalui mesin otomatis atau aplikasi mobile. Setelah melakukan pemesanan,
konsumen kemudian mengambil sendiri pesanannya di kasir atau melalui tempat
yang telah disediakan. Selain itu, dengan konsep self-service ini,
konsumen juga diharapkan dapat membersihkan sendiri sisa makanan di mejanya
setelah makan sehingga mengurangi beban kerja karyawan dan meningkatkan
efisiensi pelayanan.
Meskipun layanan mandiri menawarkan
beberapa manfaat, terdapat juga beberapa kelemahan dan tantangan yang sering
dihadapi saat menerapkannya. Salah satunya adalah kurangnya persiapan sumber
daya manusia (SDM) yang datang ke restoran atau coffeeshop. Banyak
pelanggan yang tidak memahami konsep self-service dengan baik, yang
berarti mereka terkadang membiarkan saja sampah ataupun kebersihan di meja
mereka sendiri. Akibatnya karyawan harus membersihkan sampah milik pelanggan
tersebut. Konsumen selanjutnya pun bisa merasa “jijik” karena ulah pelanggan
sebelumnya.Hal inilah dapat menjadi proses layanan dari pihak restoran maupun cofeeshop.
![]() |
Tempat Menaruh Peralatan Makanan di Salah Satu Coffee Shop sumber: Solopos |
Untuk mengatasi penerapan
self-service, penting bagi restoran dan coffeeshop untuk memberikan
pelatihan dan pendidikan kepada sumber daya manusia mengenai konsep dan proses self-service
yang benar. Pelatihan ini harus mencakup pemahaman tentang teknologi yang
digunakan, prosedur operasional dan masih banyak lainnya. Selain itu, restoran
dan coffeeshop juga harus memberikan informasi dan petunjuk yang jelas
kepada konsumen tentang cara menggunakan layanan self-service, sehingga
memudahkan mereka dalam bertransaksi dan mengurangi kemungkinan kesalahan atau
kesulitan yang akan terjadi.
Comments
Post a Comment